Sabtu, 20 Desember 2008

Jawaban UTS KOMPEND

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

PENDIDIKAN sangatlah penting dan dibutuhkan oleh setiap orang.....baik pendidikan secara formal maupun non-formal.

Pendidikan adalah sarana untuk mengembangkan diri akan pengetahuan yg belum kita ketahui tentunya, serta melatih kemampuan kita, mempersiapkan diri dengan kualitas yang dapat bersaing bukan hanya lokal tapi juga international.

BAGAN

HUBUNGAN ANTARA ILMU KOMUNIKASI DENGAN PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN




Text Box: MEDIA

FEEDBACK

Text Box: Proses Pembelajaran

Ilmu komunikasi sangatlah penting sebab tanpa itu kita tidak akan memperoleh penyampaian penbelajaran yang optimal,terutama oleh para instruktur/pendidik/pengajar.

Kaitannya dalam hal ini adalah cara serta proses komunikadi yang ideal sebagaimana mestinya terstruktur dengan rapi dan akan terus berulang seperti rantai makanan yang takan pernah berhenti berputar.Seperti pada bagan diatas proses komunikasi terjadi anatara guru dengan siswa dimana guru juga berperan memberikan informasi sementara murid memberikan feedback pada gurunya.Dengan demikian maka proses komunikasi dan pembelajaran akan terjadi.Hal ini pun harus didukung dengan suasana atau lingkungan sekitar yang kondusip pula.

. Dance’Helical Model (Model Helical Dance)

Model komunkasi helical ini dapat dikaji sebagai pengembangan dari model sirkular dari Osggod dan Schramm. Ketika membandingkan model komunikasi linier dan sirkular, Dance mengatakan bahwa dewasa ini kebanyakan orang menganggap bahwa pendekatan sirkular adalah paling tepat dalam menjelaskan proses komunikasi.

Heliks (helix), yakni suatu bentuk melingkar yang semakin membesar menunjukkan perhatian kepada suatu fakta bahwa proses komunikasi bergerak maju dan apa yang dikomunikasikan kini akan mempengaruhi struktur dan isi komunikasi yang datang menyusul. Dance menggarisbawahi sifat dinamik dari komunikasi

Proses kounikasi, seperti halnya semua proses sosial, terdiri dari unsur-unsur, hubungan-hubungan dan lingkungan-lingkungan yang terus menerus berubah. Heliks menggambarkan bagaimana aspek-aspek dri proses berubah dari waktu ke waktu.

Dalam percakapan ,misalnya bidang kognitif secara tetap membesar pada mereka yang terlibat. Para aktor komunikasi secara sinambung memperoleh informasi mengenai topik termasa tentang pandangan orang lain, pengetahuan dan sebagainya.( Yahya Nursidik)

Psikologi komunikasi merupakan

perubahan pada diri seseorang terjadi akibat perkembangan individu yang bersangkutan artinya ketika seseorang itu terus berkembang dan secara otomatis akan melakukankomunikasi baik itu langsung ataupun tidak dengan lingkungannya implikasi terhadap indiviu yang bersangkutan adalah akan semakin berkembang dengan kemampuan untuk menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan (Deni Darmawan)

Proses pemerataan pendidikan.

Pelaksanaan pendidikan yang merata adalah pelaksanaan program pendidikan yang dilakukan secara komunikatif tiap-tiap daerah yang saling terkait dan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh warga negara Indonesia untuk dapat memperoleh pendidikan. Pemerataan dan perluasan pendidikan atau biasa disebut perluasan kesempatan belajar merupakan salah satu sasaran dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Hal ini dimaksudkan agar setiap orang mempunyai kesempatan yang sama unutk memperoleh pendidikan. Kesempatan memperoleh pendidikan tersebut tidak dapat dibedakan menurut jenis kelamin, status sosial, agama, amupun letak lokasi geografis.dengan mempelajari ilmu komunikasi maka kesenjangan pendidikan antar daerah atau tiap-tiap daerah akan dapat diminimalisir oleh pemerintah pusat.

TV Edukasi

Stasiun ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi anak-anak Indonesia,terutama bagi mereka yang kurang nmampu membayar biaya sekolah yang sangat tinggi.Anak-anak tersebut dapat berkembang dan memperoleh pengetahuan secara autodidak dengan menonton siaran yang ada di stasiun tv tersebut.Mereka vdapat belajar sekaligus sambil menonton tv.Selain mengasikan,mereka juga mendapatkan pengetahuan yang dapat langsung dipraktikan.

0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com