Sabtu, 20 Desember 2008

MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

MAKALAH

MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas akhir

Mata Kuliah Media Pembelajaran

Dosen: Dr.H. Wina Sanjaya, M.Pd

Disusun oleh:

Prassasti Valentin

0800914


KONSENTRASI GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

TAHUN 2008

KATA PENGANTAR

FUJI DAN SYUKUR PENULIS PANJATKAN KEKHADIRAT Allah SWT, yang telah memberikan segala kenikmatannya, kepada kita semua, khusunya kepad penulis senidiri yang alhamdulilah atas kehendak-Nya akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah yang bejudul “Multimedia sebagai Media Pembelajaran” ini.

Salawat dan saam semoga terlimah curah kepada Nabi Muhamad sebagai pembawa syariah yang mulia islam. Kepada keluarganya, para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya yang mempunyai kewajiban untuk selalu menjaga risalah islam,agar tetap berdiri, sehingga nanti diakhirat kita semua akan mendapatkan safanya,amin.

Dalam makalah yang penulis susun ini, penulis deskrifsikan mengenai peran multimedia sebagai media pembelajaran. Penulis juga masukan berbagi jenis dan tipe dari multimedia itu sendiri.

Penulis juga mengucapkan terimakasih sekali kepada semua pihak yang telah membantu dalam, penulisan makalah ini. Terutama kepada dosen mata kuliah media pembelajaran, semoga semua kebaikannya senantiasa mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari-Nya.

Yang terakhir mohon maaf apabila pembaca menmukan kesalahan penulisan, dan penulis harapkan untuk bersedia membeikan masukannya. Agar kedepannya penulis bisa lebih baik lagi.

Bandung, 20 Desember 2008



Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

TIK adalah jantung yang mensuplai energi bagi jalannya industri seperti perbankan, telekomunikasi, dan manufaktur. Melihat fenomena tersebut, tidak mengherankan jika banyak negara menjadikan TIK sebagai industri unggulan dalam rencana pembangunan mereka. Bahkan negara-negara yang bangkit di awal abad 21 seperti India dan China memiliki portfolio industri TIK yang impresif. Negara-negara tersebut sadar, bahwa TIK dapat melesatkan pertumbuhan ekonomi mereka. TIK adalah industri masa depan, sehingga penguasaan TIK merupakan langkah strategis untuk menjadi negara yang berpengaruh di masa depan.

Metode pembelajaran merupakan suatu konsep yang harus dimiliki oleh setiap pengajar/guru. Metode pembelajaran yang tepat sangat berperan demi terciptanya tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Dari dulu metode yang digunakan oleh para pengajar pada prinsipnya sama, apakah itu dengan cara diskusi, praktek secara langsung ataupun cara-cara lainnya. Namun siswa suatu saat akan mengalamai kejenuhan dengan metode tersebut dan juga tidak semua siswa bias menerima cara-cara tersebut karena setiap siswa memiliki tingkat intelegen yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat bahwa acara televisi, lagu, video, animasi ataupun gambar-gambar yang menarik bisa menimbulkan rasa ketertarikan dan penasaran serta tidak membuat kita merasa cepat jenuh. Dan juga kita lebih mudah mengerti dan menerimanya itupun karena adanya inovasi dan kreativitas yang terus-menerus sehingga masyarakat tidak mudah bosan bahkan menunggu.

Dari kehidupan sehari-hari seperti yang telah diuraikan, maka tidak ada salahnya para pengajar menggunakan metode/cara seperti halnya televisi, lagu ataupun gambar. Untuk mengimplementasikan metode tersebut secara tidak langsung kita akan berhubungan dengan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi dari hari ke hari terus berkembang dengan pesatnya. Mengapa kita tidak memanfaatkan teknologi informasi tersebut untuk melakukan metode pembelajaran ?. Mau tidak mau para pendidik dituntut untuk menguasai teknologi informasi meskipun sedikit atau sekedar tau informasinya, karena cakupan dari teknologi informasi sendiri sangat banyak.

BAB II

ISI

MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Bila kita bicara mengenai televisi, lagu, animasi dan gambar maka kita akan berbicara mengenai multimedia. Multimedia merupakan gabungan dari suara, video, animasi, teks dan gambar yang dijadikan satu sehingga menjadi lebih menarik dan mencapai dari tujuan yang diinginkan.

Dalam multimedia sendiri terdapat beberapa yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Salah satu diantaranya adalah dalam bentuk CD interaktif ataupun presentasi interaktif. Multimedia ada yang interaktif dan ada yang linear. Multimedia linear tidak mengikutkan user, user hanya sebagai penonton saja sedangkan interaktif/hierarki mengikutsertakan user dalam penggunaan aplikasinya.

Kita bisa menggunakan kedua-duanya, tentunya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran menggunakan multimedia, pertama yang harus dilakukan adalah membuat konsep/struktur dari aplikasi tersebut.

Bagaimana aplikasi yang dibuat nanti mempunyai daya ketertarikan dan mudah di mengerti serta mudah diserap oleh siswa. Selanjutnya adalah mengumpulkan materi dan bahan-bahan pendukungnya dan juga membuat desain antar muka dan melanjutkannya menjadi desain aplikasi. Setelah itu baru proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan menggunakan software yang digunakan untuk keperluan pembuatan aplikasi multimedia seperti software macromedia flash dan macromedia director. Sebenarnya dengan menggunakan power point juga bisa diterapkan tapi kita tidak bisa mengembangkan lebih baik/menarik lagi karena keterbatasan dari software tersebut.

Dalam pembuatan konsep diperlukan ide dan kreatifitas yang tinggi agar tujuan yang diharapkan tercapai. Kreatifitas sendiri bisa dimulai dengan meniru dan memodifikasi, maka dengan sendirinya kreatifitas itu akan muncul . Kita bisa mencari referensi, tutorial ataupun informasi di internet. Memang jika di pikir akan terasa berat bagi para pendidik karena kita dituntut untuk menguasai software tersebut dan juga dituntut untuk kreatif.

Tapi jika kita mengandalkan metode lama maka hasilnya masih minimal, sekarang jaman sudah serba teknologi jadi gunakan teknologi dalam dunia pendidikan supaya memperoleh hasil yang lebih maksimal.

BAB III

SIMPULAN DAN SARAN

3.1.SIPULAN

Dari uraian singkat diatas bisa disimpulkan bahwa multimedia menjadi alternative sebagai media dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran diharapkan menumbuhkan ketertarikan dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran dan juga memperoleh hasil/tujuan yang maksimal.

3.2.SARAN

Setelah kita medapatkan penjelasan mengenai uraian isi diatas, maka penulis menyarankan agr pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran perlu terus ditingkatkan oleh para tenaga penidik, mengingat manfaat yang didapat sangat luar biasa.

0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com